MENGAMALKAN AL-QURAN

Asslmkm y ahlina'im ...

Ini untuk diri pribadi ...

MENGAMALKAN AL-QURAN

Ali bin Abi Thalib  berkata, “Wahai orang-orang yang paham Al-Quran, wahai orang-orang yang berilmu, amalkanlah Al-Quran. Sesungguhnya, orang yang berilmu itu adalah orang yang mengamalkan apa yang telah ia ketahui dan selaras antara ilmu dan amalnya. Akan ada orang-orang yang memiliki ilmu, namun ilmu mereka tidak melewati tenggorokan. Amal mereka tidak sejalan dengan ilmu mereka. Apa yang mereka sembunyikan tidak sesuai dengan apa yang mereka tampakkan. Mereka duduk berkelompok-kelompok untuk saling membanggakan antara mereka. Bahkan, seseorang bisa marah kepada teman duduknya dan meninggalkannya bila ia bermajelis kepada orang lain. Mereka itulah orang-orang yang amalnya di majelis-majelis mereka tidak diangkat ke sisi Allah Ta'ala”
[At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur'an, I : 20 ]
.
Hasan Al-Bashri berkata, ”Manusia itu diperintah agar mengamalkan Al-Quran, tetapi mereka menganggap bahwa membaca Al-Quran itulah yang disebut mengamalkan Al-Quran."
[Tafsir As-Sam'ani, IV : 119; Madarijus Salikin, l : 451 ; Talbis Iblis, hal. 109]
.
Hasan bin Ali berkata, ”Bacalah Al-Quran hingga ia bisa mencegahmu (dari berbuat dosa), bila tidak bisa mencegahmu berarti itu tidak membaca")
[Kanzul ’Ummal, | : 2776]
.
ia juga berkata, "Sesungguhnya, orang yang paling utama terhadap AI-Quran adalah orang yang mengikutinya (mengamalkannya) walaupun ia tidak membacanya."
[Qa'idah fi Fadha'ill Qur'an, Syaikhul Islam lbnu Taimiyyah, hal. 59.]
.
Diriwayatkan dari Abu Abdurrahman AI-Sulami, dari Utsman, lbnu Mas'ud, dan Ubai bin Ka'b bahwa Rasulullah membacakan sepuluh (ayat) pada para sahabat. Mereka tidak beralih ke sepuluh ayat berikutnya sebelum mereka mengamalkan apa yang dikandung oleh sepuluh ayat itu. Jadi, kami mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya bersamaan.“
[Tafsir Al-Qurthubi, l : 39]
.
Al-Ajuri berkata, ”Seseorang membuka-buka (membaca) AlQuran itu untuk mendidik jiwanya. Cita-citanya, kapan aku menjadi bagian orang-orang bertakwa? Kapan aku menjadi bagian orang-orang yang khusyuk? Kapan aku menjadi bagian orang-orang yang bersabar? Kapan aku zuhud dari persoalan dunia? Kapan aku bisa menghentikan diriku dari nafsu?"
[Akhlaq Hamalatil Qur'an, hal. 40]
.
Hasan Al-Bashri berkata, 'Al-Quran ini dibaca oleh hamba sahaya dan anak-anak yang tidak memiliki pengetahuan tentang maksudnya. Tadabbur Al-Quran itu tidak lain adalah dengan mengamalkannya. Bukan dengan menghafal huruf-hurufnya tetapi menyia-nyiakan hukum-hukumnya. Bahkan, ada orang yang mengatakan, ”Sungguh, aku telah membaca seluruh Al-Quran tanpa ketinggalan satu huruf pun.’ Demi Allah, sebenarnya ia telah meninggalkan seluruhnya. Al-Quran tidak tercermin sama sekali dalam perilaku dan amalnya. Bahkan, ada orang yang mengatakan, 'Sungguh, aku mampu membaca satu surat dengan satu tarikan nafas saja.” Demi Allah, orang-orang seperti itu bukanlah para qari', ulama, orang bijak, atau pun orang yang wara'. Bagaimana mungkin para qari' seperti itu? Semoga Allah tidak memperbanyak jumlah orang seperti itu di kalangan manusia.”
[Sunan Sa'id bin Manshur, ll : 420; Syu'abul iman, Baihaqi. ll : 541]
.
Aisyah pernah ditanya tentang firman Allah Ta'ala, ”Dan sesungguhnya kamu benar-banar berbudi pekerti yang agung"
(AlQalam [68]:4).
Bagaimana akhlak Rasulullah? Aisyah menjawab, 'Akhlaknya adalah AlQuran. beliau marah karena Al-Quran dan ridha karena Al-Quran.”
[Shahih Muslim, 746]
.
Seseorang datang ke Abu Darda' sambil membawa anaknya lalu berkata, ”Sungguh, anakku ini telah menguasai Al-Quran.” Maka Abu Darda' berkata, ”Ya Allah. ampunilah ia. Sesungguhnya menguasai Al-Quran itu hanyalah bagi orang yang mendengar dan menaatinya."
[Qaidah fi Fadha'ilul Qur'an, lbnu Taimiyah, hal. 59]
.
Hudzaifah berkata, 'Wahai para qari', istiqamahlah kalian. Kalian telah Jauh mendahului orang lain dalam hal kebaikan. Namun, bila kalian menyimpang dari jalan itu, maka kalian telah sesat dengan kesesatan yang jauh.“
[Shahih Al Bukhari, Kitab Al-I'tisham, Bab Al-lqtidha' bi Sunan Rasulillah. no. 7282]
.
Lantas, bagaimana caranya mewujudkan tujuan ini? Hendaknya orang yang membaca Al--Quran memiliki niat mengamalkan, niat mencari ilmu untuk diamalkan. la mesti berhenti pada ayat-ayatnya untuk memahami apa yang dituntut oleh ayat itu; apakah ada perintah di dalamnya, atau sesuatu yang dilarang, atau ada keutamaan yang dianjurkan agar disandangnya, bahaya yang harus diwaspadai dan dijauhi. Demikianlah, karena Al-Quran merupakan tuntunan praktis untuk menghidupkan hati dan menjaganya. Al-Quran hendaknya dekat pada setiap muslim untuk mendidik dan membimbing jiwanya.
.
Bacalah Al-Quran dengan niat dan maksud untuk mencari solusi dari suatu persoalan atau untuk memperbaiki kekurangan. Mencari tafsirnya untuk mengobati suatu penyakit, atau gejalanya, atau untuk mengatasi suatu keadaan yang tidak baik. Adapun bila kita mencari solusi problematika pendidikan kita dalam buku-buku karya si A atau si B, di majalah-majalah, koran-koran, atau saluran-saluran televisi, berarti kita telah menyingkirkan salah satu tujuan penting mengapa Al-Quran diturunkan. Setiap pendidikan yang tidak dibangun secara langsung atas dasar Al-Quran, maka itu merupakan pendidikan yang tidak sempurna. Meskipun itu bisa membuahkan beberapa hasil, tapi sifatnya temporer, memperdaya dan menjadi batu ujian. Pendidikan untuk anak-anak remaja dan pemuda harus dibangun secara langsung atas dasar Al-Quran, dengan metode dan sarana yang sesuai.
.
Sebagian orang di antara kita, ketika ia terikat dengan urusan dunia dan mencari kekayaan materi, ia diuji dan terfitnah oleh ilmu pengetahuan Barat dan teori-teorinya. la mengira di situlah kesuksesan dan kebahagiaan. Kekuatan manajemen dan perekonomian ada di situ. Ia menginterpretasikan dengan berbagai interpretasi untuk tindakannya itu dan mengemukakan berbagai alasan untuk menopang tindakannya. Al Qur'an yg berisi kan ajaran Allah yg di bawa oleh Rasulullah adalah berisikan Ilmu yg tidak boleh di baca lewat cetak an2, tulisan2an atau tafsiran2 siapapun tanpa orang itu jelas nasab ilmu nya sampai ke guru mursyid sampe ke nabi Muhammad Saw! Karena syarat membaca al Qur'an harus ma'rifat kepada yg ber firman nya sesuai dalilnya Awalu din bi ma'rifatullah..! Kecuali klo hanya untuk bisa membaca huruf-huruf nya...maaf sekarang banyak sekali pengajian Al Qur'an yg nasab guru nya cuma modal ngapalin ayat dan hadist lalu di dakwahin saja tanpa dia sendiri sudah mengamalkan dan memahami ajaran dan makna Qur'an itu sendiri... contoh penceramah seperti itu isi ceramah nya hanya berkutat di menjelekkan golongan lain, politik, menceritakan kehebatan tokoh masa lalu sementara dia sendiri jauh dari ahlak tokoh itu, bangga dengan apa yang ada pada golongan nya,jauh dari ma'rifatullah, ma'rifaturosul dan dengan dakwah nya tarif nya makin mahal dan kaya raya tidak terlihat kezuhudannya ...itu contoh ulama2 ahli dunia...semoga kita selalu mengutamakan bukti yg di perintahkan di al Qur'an dalam ber ahlak bukan Al-Qur'an dijadikan bacaan yg sekedar di lagukan dan akhirnya hanya memberhalakan huruf dan fanatik buta terhadap Kalamullah yg mulia itu๐Ÿ‘‰๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป
.
Sumber :
๐Ÿ“š Dokter Metafisika

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGAMALKAN AL-QURAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel